Pages

Monday, December 26, 2016

Pengertian berbagai aliran filsafat pendidikan

Filsafat adalah ilmu yang berusaha mencari sebab yang sedalam-dalamnya bagi segala sesuatu berdasarkan pikiran atau rasio.


1.  Apa yang dimaksud dengan filsafat pendidikan idealisme ?
2.  Apa yang dimaksud dengan filsafat pendidikan realisme ?
3.  Apa yang dimaksud dengan filsafat pendidikan materialisme ?
4.   Apa yang dimaksud dengan filsafat pendidikan pragmatisme ?
5.   Apa yang dimaksud dengan filsafat pendidikan eksistensialisme ?


6.  Apa yang dimaksud dengan filsafat pendidikan progresivisme ?
7.  Apa yang dimaksud dengan filsafat pendidikan perenialisme ?
8.  Apa yang dimaksud dengan filsafat pendidikan esensialisme ?
9.  Apa yang dimaksud dengan filsafat pendidikan rekonstruksionisme ?
10.  Apa yang dimaksud dengan filsafat pendidikan pancasila ?


Jawab : 

1.        Idealisme adalah salah satu aliran filsafat pendidikan yang berpaham bahwa pengetahuan dan kebenaran tertinggi adalah ide.
2.         Realisme adalah aliran filsafat yang berkeyakinan bahwa objek indera kita adalah riil atau sungguh-sungguh nyata adanya.
3.        Materialisme berpandangan bahwa hakikat realisme adalah materi, bukan rohani, bukan spiritual, atau supranatural.
4.        Pragmatisme adalah aliran filsafat yang mengajarkan bahwa yang benar adalah segala sesuatu yang membuktikan dirinya sebagai yang benar dengan melihat kepada akibat-akibat atau hasilnya yang bermanfaat secara praktis.
5.        Eksistensialisme adalah aliran filsafat yang pahamnya berpusat pada manusia individu yang bertanggung jawab atas kemauannya yang bebas tanpa memikirkan secara mendalam mana yang benar dan mana yang tidak benar.
6.        Progresivisme adalah gerakan pendidikan yang mengutamakan penyelenggaraan pendidikan di sekolah berpusat pada anak (child-centered).Sebagai reaksi terhadap pelaksanan pendidikan yang berpusat pada guru (teacher-centered) atau bahan pelajaran (subject-centered).
7.        Perenialisme, adalah sebuah sudut pandang dalam filsafat agama yang meyakini bahwa setiap agama di dunia memiliki suatu kebenaran yang tunggal dan universal yang merupakan dasar bagi semua pengetahuan dan doktrin religius.
8.        Esensialisme adalah pendidikan yang didasarkan kepada nilai-nilai kebudayaan yang telah ada sejak peradaban umat manusia.
9.        Dalam konteks filsafat pendidikan aliran rekonstruksionisme adalah suatu aliran yang berusaha merombak tata susunan lama dan membangun tata susunan hidup kebudayaan yang bercorak modern
10.    Pengertian filsafah pancasila secara umum adalah hasil dari pemikiran yang paling dalam yang dianggap, dipercaya dan sangat diyakini sebagai sesuatu ( norma-norma dan nilai-nilai ) yang paling dianggap benar, paling adil, paling bijaksana, paling baik dan paling sesuai untuk bangsa Indonesia.
 

0 komentar:

Post a Comment