Pages

Sunday, January 19, 2014

Tips hindari kebiasaan gigit kuku pada anak




Bagaimana sih cara mengatasi kebiasaan gigit kuku yang memang banyak dikeluhkan  orang tua, terutama ibu. Kebiasaan ini memang terlihat begitu mengasyikkan pada usia anak-anak. Mereka menjadi terlihat enjoy dan nyaman sekali. Apalagi ketika mereka sedang nervous atau sedang merasa kurang nyaman, hmm bisa dipastikan mereka akan melakukan ritual mengasyikkan ini demi mendapatkan sebuah kenyamanan dalam diri mereka. 


Berikut beberapa tips mengatasi kebiasaan gigit kuku pada anak :

1.  Dengan iming-iming hadiah / memberikan hadiah spesial buat mereka
Anak kecil, akan dengan sangat bahagia dan gembira menerima hadiah. Tentu saja, dunia mereka masih berisikan segala hal yang membahagiakan dan penuh kegembiraan. Anak kecil masih apa adanya dalam bertindak dan sangatlah polos. Dengan anda menjanjikan untuk memberikan hadiah ketika mereka bisa mengurangi atau menghilangkan kebiasaan buruk menggigit kuku mereka, bisa ditebak mereka akan dengan senang hati mengurangi kebiasaan buruk mereka ini karena mereka sudah tahu akan dijanjikan diberi hadiah jika mereka sukses mengurangi kebiasaan gigit kuku mereka. Sepertinya tips yang satu ini memang sangat efektif bunda, jadi silahkan anda coba.

2. Gunakan garam
Garam? memangnya mau memasak? tenang bunda, memang tips ini memanfaatkan garam untuk bisa mencegah kebiasaan buruk anak-anak terkait suka gigit kuku ini. Memangnya bisa ya? bisa dicoba dan lihat saja hasilnya nanti. Bagaimana caranya ya? caranya cukup mudah kok, cukup dengan mencelupkan jari-jari anak anda kedalam larutan air garam.Biasanya anak-anak kurang menyukai rasa asin dari garam. Mudah-mudahan trik ini bisa efektif membantu anda dalam mengurangi kebiasaan gigit kuku pada anak-anak anda. 

3. Tips ketiga adalah dengan memanfaatkan / menggunakan minyak
Minyak apa yang bisa digunakan dan bagaimana caranya? untuk jenis-jenis minyak yang bisa digunakan antara lain adalah minyak goreng, minyak telon dan minyak kayu putih. Caaranya? hampir sama dengan tips menggunakan larutan air garam diatas, cukup mencelupkan atau mengoleskan minyak pada jari-jari anak anda. Coba saja dan lihat hasilnya, semoga saja efektif mencegah hobi gigit kuku anak anda.

4. Potonglah kuku anak anda, jangan sampai dibiarkan panjang
Jika tidak punya kuku yang agak panjang / panjang, apanya yang mau digigit? begitu logikanya. Nah, dengan cara secara teratur anda memotong kuku anak anda, maka akan dapat mengurangi kebiasan buruk menggigit kuku pada anak anda. Semoga saja bisa, dan selamat mencoba.

5. Coba telusuri dan ketahui alasan mereka suka menggigit kuku mereka
Mungkin saja alasan setiap anak akan berbeda-beda. Alasan apa kok sampai mereka begitu menggemari kegiatan gigit-gigit kuku. Jika anda sudah tahu persis apa alasan utama mereka suka menggigit kuku, tentu saja anda akan lebih mudah dalam mengatasi dan menangani permasalahan gigit kuku pada anak-anak anda. Jadi, kesimpulannya adalah jika anda tahu alasannya, maka anda akan bisa dengan mudah mencegah  / menstop kebiasaan gigit kuku pada anak anda. Selamat menelusuri apa alasannya, semoga sukses.

6. Jika berani, cobalah menggunakan bubuk cabe
Bubuk cabe? serius? ini hanayalah salah satu tips yang juga bisa anda coba kalau memang anda tidak khawatir berlebihan. Apakah tidak membahayakan anak saya? memang cara ini bisa dibilang cukup ekstrim, anda harus mengawasi dengan ekstra hati-hati. Takutnya, nanti bubuk cabenya malah masuk kemata anak anda. Namun, terserah anda, mau mencobanya atau tidak, karena memang tips ini juga masuk dalam list  / daftar tips mencegah gigit kuku pada anak yang bisa anda coba. Jadi, pertimbangkan sendiri ya bunda.

7. Buatlah anak anda sibuk
Kondisikan sendiri, usahakan anak anda sibuk dengan aktifitas yang positif. Anda lah yang harus memberikan  / mengupayakan kesibukan apa yang tepat untuk anda anda agar perhatian mereka bisa teralihkan, sehingga lupa akan kebiasaan gigit kuku mereka. Misalnya apa saja ya? bisa anda coba berikan dia kesibukan untuk melukis atau kegiatan bermain yang positif lainnya. Selamat mencoba dan semoga bisa sukses.

8. Memberikan pewarna kuku 
Anak kecil, biasanya sangat menyukai benda atau sesuatu yang memiliki corak warna yang meriah dan berwarna warni. Nah, cobalah untuk sedikit kreatif dengan memberikan warna pada kuku-kuku mereka, Dengan kuku yang berwarna-warni, maka diharapkan mereka akan merasa sayang untuk menggigit kuku mereka karena nanti warna menarik kuku mereka akan pudar / rusak. Bagaimana bunda, apakah anda tertarik mencoba trik ini? selamat mencoba semoga berhasil ya.

9. Berikan anak anda snack sehat
Biasanya anak kecil juga akan sangat antusias saat diberikan snack atau makanan ringan. Tentu saja anda harus selektif ya bunda, dalam pemilihan snack / makanan ringan yang anda berikan untuk si kecil. Jangan sampai asal-asalan, takutnya nanti salah pilih snack yang kurang sehat / tidak sehat. Jadi, berikanlah snack yang bernilai sehat. Hal ini dipercaya akan mampu memberikan efek lupa terhadap kebiasaan gigit kuku mereka, karena mereka akan asyik memakan snack yang anda berikan. Selamat mencoba bunda semoga bisa sukses.

10. Berikan nasehat untuk meningkatkan kesadaran mereka
Jika anak anda bisa lebih menyadari bahwa apa yang mereka lakukan dengan menggigit kuku mereka adalah kebiasan buruk dan tidak sehat, maka mereka akan dengan sendirinya mengurangi dan menghilangkan kebiasaan buruk mereka ini.  Anda harus bisa sekreatif mungkin memberikan masukan atau penjelasan mengenai kebiasaan buruk mereka dan apa akibatnya. jelaskan dengan penuh kasih sayang agar mereka bisa secara bertahap menyadari dan meninggalkan kebiasaan buruk mereka tersebut. Selamat mencoba.

11. Jangan sampai anda menghukum mereka
Memberikan sebuah hukuman yang berlebihan dan ekstrim kepada anak anda saat anda mendapati mereka sedang asyik menggigit-gigit kuku mereka, bukanlah pilihan yang bijak dan tepat. Hindari memberikan hukuman dan berikan saja nasehat kepada mereka dengan penuh kelembutan dan kasih sayang. 

12. Bagaimana dengan sarung tangan?
Sarung tangan? apakah bisa efektif? namun, untuk mengetahui seberapa besar tingkat keefektifannya untuk mengatasi kebiasaan gigit kuku pada anak, anda memang harus mempraktekkannya sendiri. Secara logika, sepertinya memang sangat efektif untuk dapat membantu mengatasi permasalahan gigit kuku pada anak ini. Pakaikan sarung tangan  pada anak anda dan lihatlah hasilnya.

13. Coba dengan jus pahit
Salah satu tips yang juga bisa anda coba aadalah dengan menggunakan jus yang memiliki rasa pahit. Terserah jus apa, kreasaikan sendiri yang penting rasanya pahit. Celupkan atau oleskan jari-jari kecil anak anda dengan jus pahit ini. Begitu mereka mencoba memasukkan jari mereka ke mulut, maka mereka akan segera melepasnya kembali, karena mereka merasakan pahit pada jari mereka. Sepertinya cara ini cukup membantu bunda, jadi coba saja.

14. Memang tidak bisa instan, semuanya perlu tahapan
Untuk bisa menghilangkan sebuah kebiasaan memanglah bukan perkara mudah. Dibutuhkan tahap demi tahap yang harus dilewati untuk bisa benar-benar lepas dari sebuah kebiasan. Termasuk kebiasaan gigit kuku pada anak ini, tentu saja membutuhkan tahap demi tahap, tidak bisa secara instan. Anda harus intens memberikan penjelasan apa saja untung ruginya melakukan kebiasaan buruk gigit kuku ini kepada putra putri anda. Dengan begitu, lambat laun kesadaran mereka akan terbentuk dan bisa melupakan / meninggalkan kebiasaan gigit kuku yang mereka sering lakukan. www.google.com

0 komentar:

Post a Comment