Latar Belakang: Sekitar 5.000 ledakan berbeda dilakukan selama fase konstruksi Terowongan Laerdal, yang membentang di bawah pegunungan Norwegia dan fjord sepanjang 15 mil, dan ini merupakan terowongan yang dibangun dengan waktu terlama di dunia. Mengapa Unik : Berkendara melalui terowongan selama 20 menit bisa sangat monoton, sehingga tim psikolog dan insinyur terfokus pada bagaimana mempertahankan konsentrasi pengemudi. “Reaksi psikologis seseorang di dalam terowongan sangat penting .
hal itu membuat perbedaan antara orang-orang menerima fasilitas atau hanya sekadar menghindari hal itu,” kata Youssef Hashash, profesor Teknik Sipil dan Lingkungan di University of Illinois, yang telah bekerja 10 proyek terowongan yang berbeda. “Mengingat panjangnya terowongan ini, Anda memerlukan lingkungan yang dirancang dengan hati-hati dan sistem pencahayaan yang baik.” Beberapa solusi yang digunakan dalam terowongan Laerdal termasuk lampu biru terang dan tikungan tikungan halus yang terus membuat driver konsentrasi. Paling penting adalah kenyataan bahwa terowongan ini dibagi menjadi beberapa bagian yang berbeda, bisa mengistirahatkan pengemudi dan menciptakan kesan bahwa penumpang bepergian melalui beberapa terowongan yang lebih kecil.
2. Terowongan Channel
Latar Belakang: Umumnya dikenal sebagai Chunnel, truktur raksasa ini
menghubungkan Inggris dan Perancis. Selesai pada tahun 1994, terowongan
31-mil ini menghabiskan biaya melebihi $ 20 miliar. Mengapa Unik :
Menghubungkan Perancis dan Inggris melalui Selat Inggris adalah sebuah
ide yang telah dicetuskan ratusan tahun yang lalu. “Ada usaha-usaha
sebelumnya untuk membangun terowongan di sini, tapi mereka berhenti
karena berbagai alasan, baik teknis dan politik,” kata Hashash. setelah
diketemukan teknologi modern, dan menimbang manfaat jika kedua negara
dapat dihubungkan, maka dimulailah mega proyek ini. Karena panjangnya,
desainer membangun terowongan lain yang lebih kecil untuk jalan
melarikan diri jika terjadi kebakaran atau kecelakaan di dalam
terowongan.
3. Terowongan Zion-Mount Carmel
Latar Belakang: Pengemudi akan menemukan struktur ini di antara
Gunung Sion di Taman Nasional Utah dan Bryce Canyon National Park.
Mengapa Unik: Serangkaian jendela berukir menghiasi sisi terowongan
sebagai sarana pengemudi menikmati pemandangan. “Ketika Anda
meninggalkan Sion menuju ke Bryce, Anda mendaki jalan ini dan pergi
melalui terowongan yang indah ini. Anda dapat melihat formasi batu
karang dan pemandangan cantik,” kata Hashash. Karena terowongan dibangun
menembus batu pasir, yang relatif soft rock, insinyur harus memperkuat
struktur beberapa kali selama 80 tahun, menambahkan rusuk beton dan
sistem pemantauan 24 jam.
4. Terowongan Smuggling
Latar Belakang : Penjahat telah menggunakan terowongan bawah tanah untuk
melakukan segala macam kejahatan, termasuk perampokan bank dan
penyelundupan narkoba. Selama dekade yang lalu, terowongan penyelundupan
telah ditemukan di wilayah AS, berasal dari Kanada dan Meksiko. Mengapa
Unik : Pada bulan Desember, para pejabat Amerika Serikat dan Meksiko
menemukan terowongan sepanjang 1000 kaki, yang mengarah ke AS, meskipun
tidak selesai, terowongan ini sudah dilengkapi dengan pencahayaan,
sebuah sistem ventilasi, listrik, dan bahkan lift. Sebuah pernyataan
dari Drug Enforcement Agency (DEA) menunjukkan bahwa terowongan dibangun
selama dua tahun.
5. Marmaray Tunnel
6. Thames Tunnel
Latar Belakang: Pada pandangan pertama Terowongan Thames tidak tampak mengesankan; panjang 1.300 kaki dan kedalaman 75-kaki dan tampak pucat dibandingkan dengan terowongan lain. Tapi Terowongan Thames adalah tonggak sejarah dalam terowongan rekayasa. Mengapa Unik : “Ini adalah terowongan bawah air pertama, dan itu adalah pertama kalinya konsep perisai tunneling digunakan,” Hashash menceritakan. “Ini adalah tonggak utama.” Perisai tunneling adalah suatu alat yang dikembangkan oleh Sir Marc Isambard Brunel yang berfungsi sebagai dukungan sementara struktur, konstruksi yang memungkinkan kru untuk aman, dan datar, menginstal sistem dukungan permanen di bawah air. Membangun Terowongan Thames itu seperti hal yang baru pada awal abad ke-19 bahwa pengunjung akan membayar untuk bisa masuk di dalam lokasi konstruksi, dan bahkan Brunel konser dan jamuan makan di dalam struktur yang belum selesai. Ketika terowongan selesai pada 1843, Ratu Victoria memberikan gelar kebangsawanan kepada Brunel untuk jasanya dalam dunia konstruksi.
7. Seikan Tunnel
Latar Belakang : Terowongan sepanjang 33,5-mil ini menghubungkan pulau
Honshu dengan pulau Hokkaido. Konstruksi selesai pada tahun 1988.
Mengapa Unik : Terletak di 787 meter di bawah permukaan laut, Seikan
Tunnel adalah terowongan terdalam di dunia. Selain itu, dengan panjang
33,5 mil membuat terowongan terpanjang yang sedang digunakan. Penggalian
kawasan geologi dan batuan volkanik yang membosankan dicegah para
insinyur dengan menggunakan mesin canggih, memaksa mereka untuk
menghancurkan dan menggali dengan cepat di bawah Selat Tsugaru.
0 komentar:
Post a Comment