Pages

Tuesday, January 21, 2014

Apakah Penyebab Lapar Padahal Sudah Sarapan





Sarapan yang dilakukan saat pagi hari seharusnya bisa memberikan energi dan membuat tubuh kenyang, tapi beberapa orang kadang tetap merasa lapar meski ia sudah sarapan. Apa yang menjadi penyebabnya?
Pada umumnya rasa lapar yang muncul di pagi hari disebabkan karena seseorang belum sarapan, sehingga membuat orang tersebut memakan camilan yang tidak sehat.
Namun ada orang yang tetap merasa lapar meski ia sudah mendapatkan sarapan yang cukup, berikut hal-hal yang membuat orang tetap merasa lapar, seperti dikutip dari Livestrong yaitu:

1. Sarapan yang dimakan tidak sehat.
Sarapan yang hanya berbentuk gula dan karbohidrat olahan hanya membuat orang kenyang untuk sementara waktu, dan kemudian akan membuat orang lapar kembali. Didalam tubuh, karbohidrat olahan ini akan diubah menjadi gula dan akan menimbulkan rasa tidak puas.
Sebaliknya, sarapan dengan karbohidrat kompleks akan membuat perut terasa penuh dan lama untuk dicerna, sehingga anda bisa bertahan tidak lapar untuk jangka waktu yang lama. Oleh karena itu, sarapan yang direkomendasikan adalah makanan dengan sarat gizi seperti karbohidrat gandum (oatmeal dengan buah), sereal gandum, dan susu.


2. Kurangnya mengkonsumsi air.
Rasa lapar terkadang juga dipengaruhi oleh kekurangan air yang menyebabkan rasa haus. Jadi, minumlah 1 gelas air bila merasa lapar.



3. Tidak memiliki cemilan
Kadang meski sudah sarapan bergizi lengkap, orang akan merasa lapar beberapa jam setelahnya. Untuk itu diperlukan cemilan antara waktu sarapan dengan makanan siang. Tetapi pilihklah camilan yang memiliki gizi tinggi seperti seledri, irisan apel, wortel, atau buah lain.

0 komentar:

Post a Comment